ENGLISH IN THE MORNING

Belajar seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi siswa. Tidak peduli pelajaran apa saja. Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa juga akan membuat siswa rajin sekolah dan rajin belajar. Namun demikian tidak mudah membuat proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Demikian juga pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMP. Banyak siswa yang tidak senang, karena mereka menganggapnya sulit.

Telusuran lebih lanjut, oleh guru bahasa Inggris menunjukkan bahwa ternyata kesulitan terbesar terjadi karena mereka kesulitan mengingat vocabulary. Untuk itulah diperlukan cara sehingga mereka dapat memperoleh asupan kosa kata Bahasa Inggris tanpa membebani mereka dan menyenangkan.
Sekolah kami sejak lama telah membuat program khusus dan istimewa, yaitu siswa wajib hadir di sekolah 5 menit lebih awal dari jam masuk yang sebenarnya. Ini berarti siswa mempunyai waktu 5 menit sebelum masuk pukul 07.00. Berdasar dua alasan tersebut maka sekolah membuat kegiatan English in The Morning. English in The Morning adalah salah satu cara agar siswa setiap hari dapat menambah kosa kata sedikit demi sedikit setiap hari tanpa mereka sadari. Kegiatan ini hanya berlangsung 5 menit setiap hari, empat hari seminggu, yaitu Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.

Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatannya meliputi: writing, reading, listening, imitating, dan translating. Writing dilakukan dengan cara, salah satu siswa menulis di papan tulis apa telah dipersiapkan dari rumah. Siswa dipilih bergantian menurut nomor absen. Reading: siswa tersebut membaca apa yang ditulisnya, dan apa yang ditulis pada hari sebelumnya. Listening: siswa yang lain mendengarkan, apa yang dibaca temannya. Imitating: Siswa menirukan ucapan temannya. Translating: siswa menerjemahkan apa yang sudah dibacanya tadi. Terakhir semua siswa mencatatnya dalam buku catatan khusus, dan guru memasukan kegiatan tersebut dalam penilaian hasil belajar.

Waktu pelaksanaan kegiatan adalah setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu pada pukul 06.55 – 07.00. Sementara itu setiap 2 minggu sekali hasil karya dari seluruh kelas dipajang sebagai mading khusus English in The Morning oleh pengurus kelas.

Untuk membuat kegiatan agar ini dapat berlangsung, perlu dukungan: Kepala Sekolah, sebagai penanggung jawab kegiatan. Pembantu Kepala Sekolah Urusan kurikulum memantau kegiatan dan memastikan siswa mengerjakan. Guru Bahasa Inggris memberikan penilaian, dan memberikan arahan tentang kalimat atau kosa kata yang harus dibuat. Wali Kelas memberi dorongan dan memastikan kelasnya menjalankan kegiatan. Guru yang mengajar pada jam pertama memastikan/mengingatkan kegiatan English in The Morning pada hari tersebut sudah dikerjakan. Siswa sebagai pelaksana utama kegiatan, dan pengurus kelas melakukan dokumentasi dan membuat menjadi bahan siap pajang di mading.
Pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membebani siswa adalah harapan setiap siswa dan guru. English in the Morning mungkin dapat menjadi salah satu solusi yang diinginkan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s